Minggu, 14 Desember 2014

Mobile Content Managemen System

           Sistem Manajemen Konten Seluler (MCMs) adalah jenis sistem manajemen konten (CMS) yang mampu menyimpan dan memberikan konten dan layanan untuk perangkat mobile, seperti ponsel, ponsel pintar, dan PDA. Sistem manajemen konten ponsel mungkin sistem diskrit, atau mungkin ada sebagai fitur, modul atau add-ons sistem manajemen konten yang lebih besar mampu pengiriman konten multi-channel. Pengiriman konten ponsel memiliki keunikan, kendala tertentu termasuk kapasitas variabel luas perangkat, ukuran layar kecil, bandwidth nirkabel terbatas, kapasitas penyimpanan kecil, dan prosesor perangkat yang relatif lemah. 
         Permintaan untuk manajemen konten ponsel meningkat perangkat mobile menjadi semakin di mana-mana dan canggih. Teknologi MCMS awalnya difokuskan pada bisnis untuk konsumen (B2C) pasar mobile dengan nada dering, game, pesan teks, berita, dan konten terkait lainnya. Sejak, sistem manajemen konten ponsel juga berakar di business to business (B2B) dan bisnis untuk karyawan (B2E) situasi, yang memungkinkan perusahaan untuk memberikan informasi yang lebih tepat waktu dan fungsi untuk mitra bisnis dan tenaga kerja mobile dengan cara yang semakin efisien. 

Fitur utama MCMS:
  • Konten multi-channel delivery
Multi-channel kemampuan pengiriman konten memungkinkan pengguna untuk mengelola repositori konten utama sekaligus memberikan bahwa konten ke perangkat mobile seperti ponsel, smartphone, tablet dan perangkat mobile lainnya. Konten dapat disimpan dalam format baku (seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, PDF, Text, HTML dll) yang gaya khusus perangkat presentasi dapat diterapkan.
  • Kontrol akses konten 
Akses kontrol termasuk persetujuan, otentikasi, persetujuan akses ke setiap konten. Dalam banyak kasus, kontrol akses juga termasuk men-download kontrol, menghapus-out untuk pengguna tertentu, waktu akses tertentu. Untuk otentikasi, MCM harus memiliki otentikasi dasar yang memiliki user ID dan password. Untuk keamanan yang lebih tinggi banyak MCM mendukung otentikasi IP dan otentikasi perangkat mobile.
  • Sistem template khusus
Sementara sistem manajemen konten web tradisional menangani template untuk hanya segelintir web browser, ponsel template CMS harus disesuaikan dengan rentang yang sangat luas dari perangkat sasaran dengan kapasitas yang berbeda dan keterbatasan. Ada dua pendekatan untuk template beradaptasi: multi-client dan multi-situs. Pendekatan multi-client memungkinkan untuk melihat semua versi situs di domain yang sama (misalnya sitename.com), dan template disajikan berdasarkan pada klien perangkat yang digunakan untuk melihat. Pendekatan multi-situs menampilkan situs mobile pada sub-domain yang ditargetkan (misalnya mobile.sitename.com).
  • Berbasis lokasi pengiriman konten
Berbasis lokasi konten pengiriman menyediakan konten yang ditargetkan, seperti informasi, iklan, peta, arah, dan berita, ke perangkat mobile berdasarkan lokasi fisik saat ini. Saat ini, GPS (global positioning system) sistem navigasi menawarkan paling populer layanan berbasis lokasi . Sistem navigasi adalah sistem khusus, tetapi menggabungkan fungsi telepon selular membuat eksploitasi yang lebih besar dari pengiriman konten lokasi-sadar mungkin.
  • Desain responsif
Membuat website yang secara otomatis merespon jenis perangkat masing-masing pemirsa, sehingga Anda dapat memberikan pengalaman yang konsisten di desktop tablet, dan mobile menggunakan satu set isi dan kode.
  • Situs Mobile-spesifik
Menyesuaikan pengalaman web khusus untuk kebutuhan pengguna ponsel Anda dan membantu memastikan akses yang mudah, mudah dibaca, dan navigasi bahkan pada layar terkecil.
  • Pengiriman konten terpadu
 Merampingkan pengiriman konten di semua saluran dan membuat pembaruan tanpa bergantung pada TI, sehingga pelanggan Anda selalu memiliki relevan, pribadi pengalaman pada perangkat mobile mereka.

Mobile CMS
       CMS (Content Management System) identik dengan system yang digunakan untuk mengelola kontent web yang biasanya berupa halaman html (teks & gambar).
          Operator telekomunikasi atau content provider saat ini biasanya memiliki apa yang disebut Mobile Content Management System, yaitu CMS untuk mengelola konten perangkat bergerak yang dijual kepada pelanggannya. 
Konten yang dimaksud misalnya:
– Gambar atau Wallpaper
– Nada dering (ringtone)
– Kontent teks seperti berita, ramalan, pesan bijak
– Nokia smart messaging (Operator logo, gambar, ringtone)
– Games
– Rekaman video (recorded)
– Live video/TV
– Audio/video ring back tone (Nada sambung pribadi)
– Multimedia presentation (SMIL)
– Theme

       Dibawah ini adalah daftar karakteristik atau fitur yang dimiliki Mobile-CMS tapi biasanya tidak terdapat pada web-CMS:
  • Jenis kontennya lebih beragam
  • Konten dijual, berarti memiliki harga dan melibatkan proses pembayaran (charging) sehingga memerlukan integrasi dengan billing system
  • Konten tidak diperuntukan untuk semua jenis perangkat sehingga perlu manajemen perangkat agar dipastikan pelanggan yang membeli konten dapat menikmati konten yang dibelinya.
  • Akses untuk mendapatkan kontent beragam misalnya melalui situs WAP/WEB, SMS, USSD, IVR, STK
  • Kanal pengiriman (delivery channel) beragam bisa lewat SMS, MMS, wap push
  • Karena dua poin diatas, biasanya mobile-CMS juga berfungsi sebagai content delivery system (CDS) yang berfungsi untuk mengirimkan konten lewat beragam layanan.
  • Perlu integrasi dengan network elemen lain seperti SMSC, MMSC untuk pengiriman konten
  • Karena dijual jadi kadang perlu dilengkapi dengan fitur promosi misalnya diskon, broadcast, content bundling, quiz, limited time frame free, recommended contents (top contents), pin based draw (pengundian), syembara untuk membuat dan mengirimkan kontent
  • Perlu integrasi dengan streaming server untuk dapat mengirimkan konten seperti video, online TV
  • Perlu adanya modul untuk customer care
  • Reporting atua statistik yang diperlukan yang lebih kompleks
  • Perlu adanya database pelanggan termasuk didalamnya mungkin data jenis/tipe perangkat atau ponsel yang digunakan pelanggan
  • Karena konten tidak gratis dan rawan pembajakan maka diperlukan proteksi (DRM) terhadap konten dari pengkopian ilegal
  • Konten biasanya berasal dari beberapa content provider sehingga diperlukan mekanisme pembagian keuntungan (revenue sharing)
  • Perlu deskripsi yang jelas untuk setiap konten karena pelanggan tidak dapat langung menikmati konten. Fitur preview biasanya diperlukan untuk memperjelas seperti apa konten yang bisa didapatkan oleh pembelinya.
  • Adanya layanan berlangganan (Subcription) dengan pengiriman terjadwal (scheduled/automatic delivery)

Contoh sistem manajemen konten Handphone


           GENWI itu solusi penerbitan awan dan Content Management System mobile (MCMs) memberikan penerbit cara mudah untuk repurpose konten mereka dan membuat aplikasi konten real-time. Platform startup menyediakan template dan alat-alat yang memudahkan untuk kedua penerbit kecil dan perusahaan untuk menyesuaikan kedua aplikasi asli dan HTML5, setelah itu mereka dapat menyampaikan konten mereka di perangkat tersebut tanpa harus membuat perubahan pada aplikasi diterbitkan.

           Pada tahun 2012, Solodev meluncurkan solusi manajemen konten mobile dan terintegrasi dengan CMS tradisional; dengan demikian, memungkinkan perusahaan untuk mengelola konten di beberapa saluran online (website, situs mobile, aplikasi mobile, aplikasi media sosial, dll) sambil memanfaatkan satu platform tunggal untuk manajemen. Volusia County, Florida., adalah orang pertama yang memanfaatkan Solodev itu MCMs ketika meluncurkan aplikasi native mobile yang digunakan data geo-lokasional yang disediakan oleh County untuk membantu warga dan pengunjung menavigasi daerah pantai. Solusi manajemen konten ponsel Solodev yang berjalan di awan atau di situs.

           CMG , Creative Mobile Group Inc telah berada di industri manajemen konten ponsel sejak 2008. CMG memasok teknologi untuk perusahaan seperti Gozomo . Gozomo menggunakan teknologi di beberapa negara Afrika untuk premium B2C dinilai layanan mobile. Gozomo mengkhususkan diri dalam mengembangkan dan memberikan muatan lokal di Afrika.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar